Jelajah More on this category »
Wisata More on this category »
Liburan More on this category »

Klenteng Po An Thian Pekalongan


berdasarkan penelitian yang dilakukan, bukti-bukti sejarah klenteng Po An Thian yang terkumpul, lebih banyak berupa data lapangan daripada data pustaka yang otentik. Data pustaka tertua yang dapat dilacak adalah sebuah salinan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dari ‘Perkumpulan Po An Thian’ tahun 1917. 



Nama Po An Thian (:Hokkian) atau Bao An Dian (:Mandarin) secara harafiah berarti ‘istana mustika keselamatan’ dan bila dijabarkan akan mengandung makna ‘Tempat Ibadah (sanctuary) yang (diharapkan) dapat memberikan perlindungan dan kesejahteraan sebagai suatu bentuk keselamatan bagi kehidupan umatnya’. Kata ‘perlindungan’ disini bukan berarti sebagai tempat untuk mencari ‘backing’ ataupun ‘ngumpet’ (:bahasa Jawa), namun memiliki pengertian sebagai tempat untuk mendapatkan rasa bathin yang aman dan nyaman. Bathin akan merasa aman dan nyaman karena dijauhkan dari segala bentuk pikiran buruk ataupun jahat. Kata ‘kesejahteraan’ berarti suatu keadaan yang menghindari segala bentuk permusuhan, pertentangan, pikiran-pikiran jahat, percekcokan ataupun mara bahaya. Kesejahteraan ini otomatis akan muncul bila bathin merasa aman dan nyaman. Perlindungan dan kesejahteraan inilah yang disebut sebagai ‘mustika’ bagi keselamatan hidup manusia. 
Berdasarkan penelitian lapangan, diketahui bahwa Po An Thian diperkirakan sudah berusia 119 tahun pada bulan Juli 2001. Hal ini berpatokan pada keterangan para sesepuh bahwa pada tahun 1957, klenteng Po An Thian mengadakan ulang tahun yang ke 75. Bila patokan ini dihitung mundur, maka akan didapatkan bahwa klenteng Po An Thian didirikan pada tahun 1882. Perhitungan tahun inilah yang sekarang ini dipercayai oleh sebagian besar masyarakat sebagai tahun berdirinya klenteng Po An Thian. 

sumber: http://poanthian.webs.com/sejarah.html

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Copyright © 2013. pekalongan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger