Jelajah More on this category »
Wisata More on this category »
Liburan More on this category »

Waspadai Pasang Surut Air Laut Tertinggi

PEKALONGAN - Warga yang tinggal di Kecamatan Pekalongan Utara dan daerah yang dipetakan rawan rob diminta mewaspadai kondisi pasang surut air laut tertinggi yang akan terjadi pada Desember ini.

Peringatan tersebut berdasarkan surat dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) Nomor KT.301/230/SMG/XI/2012 tanggal 23 November 2012, perihal Prakiraan Cuaca di Jawa Tengah Bulan Desember.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan MuĂ­anas Budi Setyono menjelaskan, berdasarkan surat dari BMG tersebut, pasang surut air laut tertinggi di antaranya akan terjadi pada tanggal 24 Desember dan tanggal 25 Desember. ’’Pasang surut air laut tertinggi yang perlu diwaspadai antara lain pada 24 Desember pukul 04.00 dan 25 Desember pukul 04.00,’’ terang dia, Minggu (23/12).
Berdasarkan data Seksi Perlindungan Masyarakat (Linmas) dan Penanggulangan Bencana, Satpol PP Kota Pekalongan tentang daerah rawan bencana, di Kota Pekalongan terdapat 23 dari 47 kelurahan rawan bencana, meliputi banjir dan rob. Dari 23 kelurahan rawan bencana tersebut, lima di antaranya rawan banjir juga rawan rob. Kelima kelurahan rawan banjir dan rob adalah Kelurahan  Pabean, Panjang Baru, Bandengan, Krapyak Kidul (Kecamatan Pekalongan Utara) dan Kelurahan Pasirsari, Kecamatan Pekalongan Barat.

Dia meminta kepada masyarakat yang tinggal di wilayah yang dipetakan rawan rob tersebut untuk meningkatkan kewaspadaan. Berdasarkan prakiraan cuaca BMG Semarang, curah hujan di Kota Pekalongan pada Desember ini bisa mencapai 201 sampai 300 milimeter (mm) per hari. (K30-90,88)
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Copyright © 2013. pekalongan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger