Jelajah More on this category »
Wisata More on this category »
Liburan More on this category »

Puas Belanja Batik Murah di Pekalongan

Jangan ngaku pencinta batik kalau belum mengunjungi Pekalongan. KOta di Jawa Tengah ini memiliki pusat batik terbaik di Pulau Jawa.

Batik, khususnya di Pulau Jawa, secara umum dibagi dua kelompok utama, yaitu batik pesisir dari pantai utara Jawa dan batik keraton dari Yogyakarta dan Solo. Batik dari pantai utara Jawa (Pekalongan, Cirebon, dan Lasem) mencerminkan lamanya pengaruh kolonial di daerah ini.

Cetakan batiknya menampilkan berbagai pengaruh kaligrafi Arab dan motif bunga Eropa, bunga sakura Jepang, hingga burung merak Persia. Warnanya pun cenderung cerah beragam, seperti kuning, merah jambu, ungu muda, dan biru.



Batik Pekalongan dihasilkan oleh tangan-tangan terampil dengan polanya unik berwarna variatif cerah dan mencerminkan multibudaya antara budaya lokal dengan budaya China, Belanda, Melayu, Jepang, hingga Arab. Keindahan batik pekalongan sudah diakui di seluruh dunia dan sudah diekspor hingga ke Australia, Amerika Serikat, Timur Tengah, Jepang, Korea, dan Singapura, seperti dikutip dari Indonesia.Travel.

Motif batik pekalongan datang dari berbagai bentuk, mulai dari motif bunga berwarna cerah sampai motif daun dan kupu-kupu dalam warna flamboyan yang terukir cantik. Batik pekalongan bahkan memiliki hingga tujuh warna dengan kombinasi yang dinamis. Salah satunya adalah batik jlamprang yang populer dan telah diabadikan menjadi salah satu nama jalan di Pekalongan.

Jika Anda ingin belanja Batik Pekalongan, maka berkelilinglah di Pasar Grosir Setono, Pekalongan, yang letaknya persis di tepi jalur pantai utara Jawa. Ada juga di  Plasa Pekalongan, Dupan Square, Plaza Grosir, serta Galeri Batik Pekalongan di Jalan Jawa No. 17 A.

Tempat lain di Pekalongan yang wajib Anda datangi adalah Pusat Pertokoan Batik di Jalan Hayam Wuruk, Grosir Batik Gammer di Jalan Dr. Sutomo, serta Pusat Perajin Sutra di Kecamatan Wiradesa Kabupaten Pekalongan sekitar 10 km di sebelah barat Pekalongan.

Pekalongan adalah tempat yang tepat bagi Anda berburu batik beserta aksesorinya karena Pekalongan adalah gudangnya batik, dari mulai batik tulis, cap, maupun cetak dengan harga yang bervariasi.

Pekalongan telah dikenal sebagai Kota Batik dan tempat belanja batik, seperti juga Cirebon, Yogyakarta, dan Solo. Pekalongan terletak di pantai utara Jawa, sekira 100 km barat Semarang.

9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Copyright © 2013. pekalongan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger