Jelajah More on this category »
Wisata More on this category »
Liburan More on this category »

Kota Pekalongan Optimis Raih Penghargaan Nasional Tata Ruang

Walikota dr. HM. Basyir Ahmad mengaku optimis, Kota Pekalongan dapat kembali meraih penghargaan Tata Ruang dari Kementerian Pekerjaan Umum. Pasalnya Kota yang hanya memiliki empat kecamatan pada tahun 2013 ini kembali masuk menjadi nominator penerima penghargaan untuk yang keempat kalinya. "Meski melihat saingannya berat, kami optimis dapat kembali meraih penghargaan ini. Tahun lalu kami sudah meraihnya, yaitu penghargaan mengenai pemukiman dan perencanaan tata ruang," ucap HM Basyir Ahmad. Saingan berat yang disebutkan HM Basyir Ahmad, diantaranya, adalah Solo, Balik Papan, Banjarmasin, banda Aceh. Semuanya merupakan Kota Besar dan merupakan ibu Kota Propinsi. Tentunya memiliki perencanaan dan tata ruang yang baik. Meski begitu, Walikota mengaku tetap optimis dapat kembali memboyong piala dari kementrian PU tersebut.



Beberapa poin yang akan menjadi acuan penilaian oleh tim dari pusat, diantaranya regulasi tata ruang, kemudahan perizinan, sistem kota hijau, sistem ruang terbuka hijau, sistem drainase kota, dan juga perencanaan mengenai menghadapi dampak perubahan iklim. Penilaian di Kota Pekalongan sendiri, sambung Walikota sudah dilakukan beberapa hari yang lalu. Dimana tim melakukan monev di lapangan, dan juga mewawancarai Walikota. Jika kembali sukses mendapatkan penghargaan Kota Pekalongan akan diberikan program pembangunan. "Hadiahnya berupa program. Seperti tahun lalu kami mendapat penghargaan, kemudian kami mengusulkan program penanggulangan rob di slamaran. Tahun ini jika kembali menang saya masih akan mengusulkan program tentang penanganan rob agar benar-benar dapat diatasi," janjinya.



Empat kali menjadi nominator, sambung Walikota, memberikan banyak pengalaman apa saja poin yang perlu dibenahi terkait tata ruang kota. Hal tersebut menjadi bekal tersendiri bagi tim SKPD yang bersangkutan untuk bisa membuat penataan yang sesuai. "Harapan tentu saja Kota Pekalongan kembali meraih penghargaan tersebut dan bisa menempati urutan pertama," pungkas Walikota. Selain penghargaan tata ruang, saat ini Pemkot Pekalongan tengah gencar melakukan persiapan menyambut penilaian Adipura Kencana. Tahun ini ditargetkan penghargaan Adipura bagi Kota/Kabupaten yang lima kali berturut-turut tersebut bisa dibawa pulang ke Kota Pekalongan
9 out of 10 based on 10 ratings. 9 user reviews.

Copyright © 2013. pekalongan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger