Jelajah More on this category »
Wisata More on this category »
Liburan More on this category »

Januari, Rel Ganda Pekalongan - Sragi Beroperasi

Jalur rel ganda Kereta Api ( KA) Pekalongan-Sragi sepanjang 5 km, Januari 2013 mulai dioperasikan PT KAI Daop IV Semarang. Beberapa pekerjaan penyambungan perlintasan rel yang belum terselesaikan terus digeber.  



Manajer Humas DAop IV Semarang, Surono mengatakan, menjelang persiapan pengoperasional jalur rel ganda baru Pekalongan-Sragi, masih ada penyambungan rel kereta beberapa meter lagi. Adapun jalur rel ganda Pekalongan-Tegal seluruh koridor 60 km pengerjaannya akan selesai. 

"Bulan Januari dapat beroperasi untuk meningkatkan pelayanan perjalanan dan keselamatan bagi pengguna jasa kereta api dari beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kecelakaan di Petarukan, Pemalang," bebernya, Minggu (16/12).  

Dengan jalur ganda ini, Surono menambahkan, setidaknya menghilangkan 14 persilangan rel yang bertemu di Sragi. "Setidaknya menghindari kecelakaan maut yang menewaskan ratusan jiwa pengguna jasa kereta api waktu itu," tandas dia.

Kepala PT KAI Daop IV Semarang, Arif Wahyudi membenarkan, selain lebih memberikan keselamatan perjalanan kereta api, juga menambah frekuensi perjalanan kereta api, lantaran dua sekaligus dapat berjalan bersilangan. 

“Jadi memang tidak hanya memberikan keselamatan saja, juga frekuensinya meningkat, karena kereta bisa lewat secara bersamaan dari arah yang berbeda lantaran sudah menggunakan dua jalur,” terang Arif.

Mengenai tanah warga yang digunakan untuk jalur ganda yang masih tarik ulur harga, Kepala Satker JalurSemarang, Sutrisno, saat dikonfimasi mengungkapkan, ganti rugi hampir sudah memasuki tahap akhir meskipun dibeberapa daerah masih terkendala.  

Apabila upaya musyawarah pembebasan lahan tidak kunjung selesai, dan warga masih bersikukuh , akan diselesaikan panitia P2T yakni rekonsiasi harga di Pengadilan Negeri.

"Ini merupakan proyek negara untuk kepentingan dan keselamatan penggunan jasa kereta api. Tidak ada upaya lain untuk jalur kereta api berhenti akibat soal pembebasan lahan yang tidak selesai-selesai. Apabila upaya jalan musyawarah yang ditempuh dengan pemilik lahan masih tarik-ulur. Karena Dirjen perhubungan memberikan deadline jalur ganda Pekalongan-Tegal harus selesai Januari ini. Harapannya agar masyarakat tetap berpartisipasi dalam mensukseskan jalur ganda ini," pungkasnya.

Rating: 4.5 Pekalongan Kotabatik

Copyright © 2013. pekalongan - All Rights Reserved | Template Created by Kompi Ajaib Proudly powered by Blogger